Jangan Sampai Salah Upload! Inilah Aturan Pasfoto PPG Prajabatan

Pasfoto PPG Prajabatan merupakan salah satu berkas yang disyaratkan bagi peserta yang ingin mendaftarkan diri menjadi PPG. Ada beberapa hal yang tentunya perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum mengikuti seleksi PPG ini.

Pengunggahan dokumen dalam pendaftaran PPG menjadi tahapan penting sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Untuk dapat mengikuti serangkaian tes, Anda harus lulus seleksi administrasi PPG terlebih dahulu.

Pada seleksi administrasi, Anda diminta mengumpulkan beberapa dokumen terkait diri Anda. Dokumen yang harus diunggah memiliki beberapa ketentuan tersendiri sesuai ketetapan Kemendikbud.

Anda perlu memperhatikan ketentuan tersebut agar tidak menyebabkan kesalahan ketika pengumpulan berkas. Sangat disayangkan apabila Anda gagal dalam seleksi administrasi dikarenakan kesalahan pengunggahan dokumen saja.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian pengunggahan dokumen atau berkas pada seleksi administrasi. Pasfoto PPG Prajabatan menjadi salah satu diantara dokumen yang harus Anda unggah pada seleksi administrasi ini.

Penjelasan Singkat Pasfoto PPG Prajabatan

PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi guru yang diperuntukkan bagi lulusan S1 atau D4 yang berminat menjadi seorang guru. Lulusan S1 atau D4 yang dapat mendaftar program ini tidak diharuskan dari bidang pendidikan, namun juga bidang non pendidikan.

Program Pendidikan Profesi Guru ini memberikan banyak benefit bagi peserta yang lulus seleksi nantinya. Tak heran apabila peminat PPG ini selalu membludak tiap tahunnya.

Setelah mengikuti program PPG, Anda akan memperoleh sertifikasi pendidik dan pengakuan sebagai guru profesional. Selain itu, Anda dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru melalui program ini.

Sebelum memperoleh beberapa benefit menarik diatas, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas sebagai langkah awal mendaftar program PPG Prajabatan. Ketentuan pengumpulan berkas ini perlu Anda perhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan kesalahan dalam pengunggahan nantinya.

Salah satu berkas yang disyaratkan dalam pendaftaran PPG Prajabatan yaitu pasfoto. Pasfoto ini memiliki memiliki beberapa ketentuan dalam pemenuhannya yang harus diperhatikan.

Seperti yang sudah diketahui, pasfoto merupakan foto berukuran kecil dari kepala hingga dada yang diambil dalam keadaan tegak. Untuk pengunggahan dokumen ini, laki-laki dan perempuan memiliki ketentuan tersendiri yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Format Persyaratan Pasfoto PPG Prajabatan

Berkas pasfoto yang harus dikumpulkan sebagai syarat pendaftaran PPG memiliki beberapa ketentuan yang harus diperhatikan agar tidak ada kesalahan. Berikut beberapa format pasfoto bagi pendaftar peserta PPG Prajabatan.

1. Menggunakan Kemeja Putih

Ketentuan untuk pasfoto PPG Prajabatan yang pertama yaitu mengenakan kemeja atau hem berwarna putih. Kemeja putih sering dikenakan beberapa menteri maupun orang lain dalam acara yang formal.

Kemeja putih ini sering dikaitkan dengan makna kemurnian, kepolosan, dan kelengkapan. Sementara itu, dari sisi psikologi warna putih menjadi simbol dari awal yang baru.

Banyak orang yang mengenakan kemeja warna putih sebagai awal sebelum memulai hal baru. Misalnya melamar kerja, ospek kuliah, atau kegiatan lainnya.

Kemeja berwarna putih ini menjadi salah satu atribut yang harus dikenakan ketika pasfoto PPG prajab. Selain memiliki makna awal yang baru, kemeja ini juga menampilkan sisi natural sekaligus formal bagi si pemakai.

2. Mengenakan Dasi Hitam

Aturan dasi hitam juga menjadi salah satu atribut yang harus dikenakan peserta PPG Prajabatan saat pasfoto. Pemakaian dasi hitam ini sudah sangat sering dijumpai karena banyak orang yang memakainya.

Dasi berwarna hitam membuat tampilan Anda terlihat lebih rapi dan formal. Dasi ini sering dipakai untuk acara-acara penting seperti hari kelulusan, aspek kuliah, kerja, atau kegiatan lainnya.

Kemendikbud mensyaratkan pasfoto bagi peserta PPG Prajabatan mengenakan dasi hitam ini. Dasi hitam yang dikenakan merupakan dasi hitam polos tanpa motif atau ornamen hiasan lainnya.

3. Background Foto

Selanjutnya yaitu latar belakang foto. Pada umumnya latar belakang pasfoto formal menggunakan warna biru atau merah.

Pasfoto dianggap resmi apabila menggunakan background berwarna merah atau biru. Pada beberapa instansi pemerintahan, warna merah dan biru pada background foto memiliki arti yang berbeda.

Untuk pasfoto PPG Prajabatan ini mengharuskan peserta berfoto dengan background berwarna biru. Sebelumnya terdapat perbedaan warna latar belakang foto bagi peserta laki-laki dan perempuan.

Tahun sebelumnya, laki-laki diminta pasfoto dengan background biru sedangkan perempuan background merah. Namun, pada tahun 2022 laki-laki dan perempuan diminta mengumpulkan pasfoto dengan background sama-sama berwarna biru.

4. Ukuran Pasfoto 4×6

Pasfoto PPG Prajabatan yang diminta sebagai salah satu persyaratan harus menggunakan ukuran 4×6. Ukuran foto ini tergolong standar karena pasfoto umumnya juga menggunakan ukuran ini.

Ukuran foto ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti ijazah, surat lamaran kerja, sertifikat, dan lainnya. Berkas administrasi lain biasanya menggunakan ukuran pasfoto ini.

Dalam satuan milimeter, ukuran ini setara dengan 38,1 mm x 55,9 mm. Ukuran ini adalah konversi dari ukuran asli foto 4×6 yaitu lebar 3,81 cm dan panjang 5,59 cm.

5. Rambut tampak Rapi

Bagi laki-laki maupun perempuan yang mendaftar PPG Prajabatan diharuskan mengumpulkan pasfoto dengan tampilan rambut yang rapi. Bagi perempuan yang tidak mengenakan hijab, rambut wajib terlihat rapi dan terlihat bagian telinga.

Begitupun laki-laki harus menampakkan rambut yang rapi. Dengan tampilan rambut rapi akan menunjukkan kepribadian yang teratur dan rapi juga.

6. Warna Kerudung Hitam (Bagi yang Berjilbab)

Bagi perempuan yang mengenakan hijab, saat pasfoto diminta mengenakan jilbab berwarna hitam. Warna ini sering dipakai dalam kegiatan lainnya sebagai simbol dari keformalan.

Dengan mengenakan hijab hitam, tampilan wanita berjilbab pada foto tampak lebih rapi. Dibandingkan dengan pasfoto yang tidak mengenakan hijab, pasfoto nampak seragam karena sama-sama berwarna hitam bagian atas kepalanya.

Baca Juga: 6 Poin Penting Tunjangan Sesuai RUU SISDIKNAS Terbaru 2022

Berkas Persyaratan Seleksi Administrasi

Kemendikbud juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa dokumen lain yang harus diunggah sebagai persyaratan pendaftaran PPG Prajabatan. Berikut persyaratan administrasi calon peserta PPG Prajabatan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Pasfoto menjadi salah satu berkas yang harus dikumpulkan dalam pendaftaran PPG Prajabatan. Selain pasfoto PPG Prajabatan, calon peserta harus mengunggah scan biodata mahasiswa asli dan scan ijazah dan transkrip nilai.

Dokumen resmi kependudukan yang harus Anda unggah juga yaitu KTP asli dan Kartu Keluarga terbaru. Anda juga diminta melampirkan scan surat keterangan jasmani & rohani dan surat bebas NAPZA dari BNN.

Saat pendaftar peserta PPG Prajabatan ini, Anda diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300 ribu. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui Bank BTN atau BNI.

Berkas lain yang harus Anda lampirkan yaitu SKCK sebagai bukti catatan ada atau tidaknya tindak kejahatan yang pernah dilakukan. Perubahan persyaratan mengenai pendaftaran PPG Prajabatan dapat Anda ketahui melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Demikian informasi mengenai pasfoto PPG Prajabatan sebagai syarat mengikuti program PPG ini. Sebelum mengunggah pasfoto pastikan foto Anda sudah memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud diatas.

Leave a Comment